Breaking News

Manfaat Berpuasa


Manfaat Berpuasa

Puasa Ramadhan tak hanya sekedar masalah ritual agama. Tuhan meminta hambanya untuk menahan haus, lapar dan hawa nafsu selama sebulan, tentu ada alasannya.

Salah satu alasannya adalah demi kesehatan. Menurut Clinical Dietitian, Emilia E. Achmadi, Ms., RD, puasa memberikan sejumlah kebaikan bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dari sekian banyak manfaat puasa, berikut ini diantaranya.

Proses pembersihan tubuh
Puasa akan membantu tubuh melepas kelebihan lemak, gula, garam dan toksin berbahaya yang menumpuk selama setahun. Sehingga, puasa bisa dijadikan sebagai metode untuk detoksifikasi tubuh secara alami.

Peremajaan sistem pencernaan
Beri kesempatan bagi organ pencernaan, mulai dari kerongkongan, lambung hingga usus, untuk istirahat dan rileks. Hal ini akan membantu sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik ketika akan mencerna makanan.
Membantu melupakan kebiasaan buruk
Puasa juga bisa menjadi cara terjitu untuk mengatasi kecanduan, seperti merokok, narkoba, alkohol dan kafein. Siapa tahu nanti setelah puasa selesai, kebiasaan buruk tersebut bisa berhenti total.

Menurunkan tekanan darah
Selama 14 jam berpuasa, otomatis tingkat gula, lemak dan kolesterol dalam tubuh akan menurun. Nah, hal ini akan berpengaruh pada tingkat tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol.

sumber : ghibo

Tidak ada komentar